Emansipasi Wanita Ujung Tombak Pembentukan Karakter Bangsa


Sekelumit sejarah.
Di era jawa kuno ; Wanita dilambangkan dalam simbol-simbol kehidupan. Kekuatan ( Api ), pengayom ( Bumi / Pratiwi ), kerahasiaan ( Smarawadhi ), keindahan / kecantikan ( nareswari / ayu ). 

Wanita sebagai penulis kisah dalam kehidupan,  sebagai visi misi pembangunan peradaban penaklukan dan semangat perjuangan. Di era itu leluhur kita sudah mengenal emansipasi wanita. Kita memiliki role model wanita hebat seperti Dyah Gayatri Rajapatni ( permaisuri Raden Wijaya pendiri Majapahit) seorang wanita yang ahli geopolitik Nusantara. Dyah Rani Tribuwanotunggadewi ( Ratu Majapahit ke III ) seorang ratu yang mahir menguasai angkatan laut Nusantara. 

Di era Jawa baru ; R.A Kartini membangkitkannya kembali.  
Wanita adalah ujung tombak pembentukan karakter bangsa yang berbudi pekerti. Dari wanita yang penuh cinta kasih akan terlahir anak-anak bangsa dengan karakter baik. 

"Selamat hari Kartini"

Jadilah wanita ayu lahir dan batin. Yang hebat sesuai fitrah kita masing-masing. Penuh cinta dan berbudi pekerti luhur. 🦋♥️

Ssy Lailla Wati
Ponorogo Jatim
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

APTRI Blora Bangkit Sinergi dengan Pemda dan Berperan dalam Program Pergulaan Nasional

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP,M.Si menghadiri acara pelantikan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) ...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »