WARGA WONOREJO DAN PEMKAB BLORA SEPAKAT CARI SOLUSI TERBAIK

Warga Wonorejo Sepakat Dengan Pemkab Blora
Untuk Mencari Solusi Terbaik Perihal  Kepemilikan Tanah

Blora,- Kesepakatan Warga Wonorejo dan sekitarnya bertemu dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora terwujud. Di dalam pertemuan tersebut kedua belah pihak membahas tata cara dan solusi pelepasan tanah Wonorejo menjadi milik warga.

Warga berharap, permasalahan ini jangan sampai ada hukum yang dilanggar hingga mengancam bupati terkena masalah hukum. Oleh sebab itu,  Senin (25/03/2019) nanti atau Rabu (27/03/2019) Wakil Bupati (Wabup) Blora beserta jajarannya dan tim kajian hukum Pemkab Blora akan mengajak pertemuan bersama perwakilan warga.

Koordinator warga Wonorejo Harpono menjelaskan wabup ini datang sebagai wakil dari bupati untuk menemui perwakilan warga di Al Muhammad Cepu. Bahwa Bupati setuju dengan tuntutan warga untuk melepaskan hak pakai pemkab. Hanya saja dengan syarat bupati juga aman secara hukum atas pelepasan hak atas tanah tersebut.

''Untuk mendiskusikan dan mengkaji strategi pelepasan hak pakai Pemkab sampai kemudian menjadi sertifikat hak milik (SHM), apakah bisa diselesaikan di Blora atau harus sampai di tingkat provinsi bahkan pusat,'' jelasnya.

Jika memang masalah ini harus sampai ke Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah  Pusat wabup mengaku siap mengawal dan mendampingi warga sampai proses kepemilikan tanah tersebut selesai.

Dalam pertemuan itu pihaknya mengaku siap berdiskusi secara ilmiah dan objektif berdasarkan aturan hukum yang berlaku. Bersedia juga menempuh langkah yang menguntungkan pihak warga. Namun juga tidak membahayakan secara hukum atau tidak menabrak hukum yang berlaku.

 ''Kami akan komitmen soal itu yang penting Bupati juga komitmen dengan janjinya. Insyallah semua bisa berjalan dengan baik,'' harapnya.

Tapi pihaknya mengaku jika saja pada waktu janji yang dibuat wabup pada Senin nanti tidak jadi. Warga sudah menyiapkan aksi lagi secara besar-besaran pada 1 April mendatang di kantor Pemkab Blora.

Moh Husain salah satu tokoh masyarakat lingkungan Wonorejo, mengatakan bahwa  dalam pertemuan nanti warga sudah menyiapkan berbagai hal. Salah satunya solusi agar Pemkab Blora bisa melepaskan tanah Wonorejo tanpa harus menabrak hukum  yang berlaku. Selain itu pihaknya juga memastikan agar wabup terus mengawal warga Wonorejo.

''Nanti pak wabup akan menandatangani surat pernyataan sebagai komitmennya untuk mengawal kami,'' jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Blora Arif Rohman saat ditemui di rumah dinasnya mengatakan, pihaknya siap untuk bertemu warga Wonorejo. Yang diangendakan pada Senin nanti. Setelah Musrembangkab di Cepu. Disana nanti dirinya akan berdialektika dan adu argumen dan membawa tim dari Pemkab Blora.

Begitu juga dirinya mempersilahkan warga Wonorejo untuk membawa fulltimenya. Dari pendamping hukum dan lain sebagainya.

''Tapi kita harus ada kesimpulan sesuai dengan aturan yang ada,'' ujanya.

Arif Rohman mengatakan bahwa ketika dalam diskusi nanti mengalami kesulitan dan tidak ada solusi di Blora. Pihaknya siap pembahasan sampai ke provinsi bahkan di pusat.

''Tapi harus fair apapun keputusannya,'' pungkasnya.
(Heripur/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Sejumlah Titik di Ruas Jalan Jepon-Bogorejo Blora Mulai Dibangun

  𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Sejumlah titik (enam titik) di ruas jalan Jepon-Karang-Bogorejo, yang merupakan jalan alternatif menuju wilayah J...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »