Wakil Ketua DPRD Blora ikuti secara Virtual Upacara Penurunan Bendera Istana Merdeka

BLORA - Upacara Penurunan Bendera Merah Putih yang dilaksanakan di Istana Negara dilaksanakan secara virtual sehingga bisa diikuti oleh seluruh rakyat Indonesia. Upacara virtual tersebut ditayangkan di stasiun televisi nasional mulai pukul 16.56 WIB.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora, Sakijan  bersama Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, Jajaran Forkopimda Blora, serta Pimpinan OPD Kabupaten Blora mengikuti Upacara Virtual Penurunan Bendera di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Selasa sore (17/08/2021).

Sebelumnya Sekretariat Presiden telah membuka laman http://pandang.istanapresiden.go.id/  untuk seluruh masyarakat Indonesia yang ingin mendaftarkan diri sebagai peserta upacara virtual. Pendaftaran tersebut telah ditutup karena kuota sejumlah 17.845 orang sudah terpenuhi dan terdapat slot untuk Upacara Penurunan Bendera. Jumlah undangan yang disediakan Sekretariat Kabinet sebanyak 35.690 undangan.

Usai mengikuti Upacara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora menjelaskan bahwa Sebagai langkah untuk menekan laju penyebaran Covid-19, pemerintah memiliki segenap kebijakan dalam melaksanakan upacara HUT ke-76 RI tahun ini. Dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Dari sini sebagai bangsa Indonesia kita wajib bersyukur dan merenungi apa yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dan tugas kita sekarang ini adalah menjaga keutuhan NKRI sampai kapanpun," tandasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati mengikuti upacara penurunan Sang Merah Putih di Istana Merdeka secara virtual dari Pendopo Rumah Dinasnya bersama Forkopimda. Sedangkan Wakil Bupati menjadi inspektur upacara (irup) pada Upacara Penurunan Bendera di Halaman Kantor Bupati.

Di Pendopo Rumah Dinasnya, Bupati Arief mengikuti upacara penurunan bendera dengan mengenakan pakaian adat dari suku Sasak NTB. Didampingi sang istri Hj. Ainia Shalichah yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten, dengan pengenakan pakaian adat daerah Sumatera Barat. Keduanya bernuansa hijau. 

"Alhamdulillah sejak pagi hingga sore ini seluruh rangkaian kegiatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI berjalan lancar. Semoga bisa memotivasi kita bersama untuk semakin kompak, bersama sama Sesarengan mBangun Blora agar terbebas dari pandemi," ujarnya singkat. 

Sementara itu, upacara penurunan bendera di halaman Kantor Bupati yang dipimpin Wakil Bupati Tri Yuli berlangsung dengan khidmat dengan menerapkan standart protokol kesehatan yang ketat. 

Bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Kav. Teguh Linarto dari Kodim 0721/Blora, dan petugas penurun bendera dari Purna Paskibraka Indonesia tahun 2019, dikarenakan selama pandemi Covid-19 tidak membuka seleksi.

Sesaat setelah Sang Merah Putih diturunkan, sebelum meninggalkan mimbar upacara Wakil Bupati menyampaikan apresiasi kepada seluruh petugas dan panitia sehingga upacara berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah...Rangkaian upacara sore hari ini berlangsung dengan lancar. Terimakasih kepada seluruh unsur Forkopimda atau yang mewakili, petugas upacara dari Perwira, Komandan, Petugas Bendera, Korsik yang tidak bisa saya sebut satu per satu. Dan seluruh peserta yang mengikuti upacara ini dengan penuh khidmat. Inilah wujud cinta kita pada tanah air. Merdeka," kata Wabup. (ADY/Red)
Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Wakil Ketua DPRD Blora Hadiri Peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada 2024

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blora, Mustopa S.Pd.I menghadiri acara peluncuran Maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupa...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »