BUDAYA LOKAL BLORA MERIAHKAN WEEKEND KOTA SEMARANG


Seni Barongan Blora Tampil Di Taman Ngaliyan Semarang
Semarang,- Pagelaran Budaya diselenggarakan oleh IMPARA Komisariat UIN Walisongo Semarang yang bertujuan untuk mengangkat budaya local Blora dalam rangka memperkenalkan budaya Blora kepada masyarakat umum. Pentas Budaya di tempatkan di taman Ngaliyan Semarang Barat. Pada Sabtu Malam Minggu 30 Maret 2019.

Kegiatan pagelaran budaya ini direncakanan akan dilakukan setiap tahun sekali. Hadir dalam pagelaran tersebut organisasi mahasiswa dari berbagai daerah lain di Jawa Tengah. Agar mereka para mahasiswa mengenal budaya dari Blora.

Kesenian Barongan Blora ini merupakan kesenian lokal Blora yang sudah diminati oleh masyarakat umum, sehingga antusias masyarakat melihat pagelaran budaya kali ini sangat meriah dan menghibur.

Ami Mas'udah Ketua Ikatan Mahasiswa Pelajar Blora Semarang (IMPARA)  Komisariat UIN Walisongo Semarang mengatakan bahwa Impara ingin memperkenalkan budaya kepada masyarakat Jawa Tengah oleh karena seni budaya Blora banyak sekali, salah satunya adalah Seni Barongan dan Seni Batik. Ternasuk kita menampilkan kuliner, sastra dan informasi wisata Blora.

Perlu diketahui, program kerja IMPARA Komisariat UIN Walisongo Semarang sendiri adalah adaya ide gagasan untuk memperkenalkan seni budaya daerah asalnya,

“Kami berniat ingin melestarikan budaya-budaya dari kota kelahiran yakni budaya lokal Blora,” jelas Mas'udah

Selain pagelaran budaya IMPARA Komisariat UIN Walisongo Semarang juga memperkenalkan aneka kuliner dari Kota Blora yakni nasi pecel, kopi santen dan sate Blora. Disamping itu, diperkenalkan pula Buku-buku karya Pramudya Anantatur dan Susilo Anantatur untuk dibaca-baca oleh mahasiswa Semarang.

Pagelaran Budaya Imparra UIN Walisongo Semarang
Ketua Penyelenggara Pagelaran Budaya IMPARA Komisariat UIN Walisongo Semarang AlFaruq menjelaskan bahwa pagelaran ini menampilkan tari gambyong, musikalisasi puisi, pengenalan tokoh tokoh Blora, teater samin, seni barongan dan tarian tarian yang di kolaborasi dengan barongan seperti bujanganom, jaranan.

“Pagelaran budaya kali ini kolaborasi kesenian lokal Blora dengan kesenian modern,” ucap Faruq


Kedepan pagelaran budaya lokal Blora ini dapat diselenggarakan yang lebih meriah dan spektakular, sehingga para senior yang telah membantu anggara secara swadaya, kegiatan yang merupakan program kerja IMPARA Komisariat UIN Walisongo Semarang selanjutnya dapat mencari sponsor atau kerjasama dengan perusahaan perusahaan.

“Terima kasih kepada para senior senior yang telah membantu kegiatan ini, juga Pemkab Blora dan Kopra-kelompok perantau Blora,” pungkas AlFaruq (Hfd/Red)

Share:

0 comments:

Post a Comment

Hot News

Rapat Paripurna DPRD Blora perihal Penyampaian Ranperda tentang Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD Blora 2023

𝗕𝗟𝗢𝗥𝗔 — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar rapat paripurna dengan acara penyampai...

Public Service

Blog Archive

Social Media

Technology

Next More »

Labels

Community

Next More »